Kenalan Lagi Sama Mobil Terfavorit BMW

Dari sekian banyak peserta Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) lalu, BMW Group Indonesia adalah salah satu dari sedikit merek yang ikut tema “Green Technology for a Better Future”. Buahnya manis, genre mobil sport hibrida plug-in pertama di dalam negeri, BMW i8, terpilih jadi mobil terfavorit pilihan pengunjung.

Dari tampilan, i8 memang pasti mencuri perhatian namun sebenarnya mobil yang dijual Rp 3,5 miliar –off the road ini punya banyak hal menarik untuk diketahui.
Febri Ardani/KompasOtomotif
BMW i8.
Mobil safety car di ajang balapan pamungkas mobil listrik Formula E ini bukan pertama kali hadir di dalam negeri. Sebelumnya pernah dipajang di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, namun saat itu statusnya masih pajangan, belum dijual.
BMW i8 memiliki panjang 4,689 m, lebar 1,921 m, dan tinggi 1,297 m dengan jarak sumbu roda 2,8 m. BMW i8 punya dua sumber tenaga, yaitu mesin bensin 3-silinder 1.5L Twin Turbo dengan transmisi 6-percepatan dan motor listrik berteknologi eDrive plus transmisi 2-percepatan.
Febri Ardani/KompasOtomotif
Mesin bensin 3-silinder 1.5L Twin Turbo BMW i8 terletak di belakang
Mesin bensin menghasilkan tenaga 231 tk dan torsi 320 Nm ke roda belakang, sedangkan tenaga 131 tk dan torsi 250 Nm dialirkan ke roda depan. Tenaga listrik didapat dari baterai lithium-ion yang diletakan di tengah bodi agar titik pusat gravitasi semakin rendah. Letaknya 460 mm dari permukaan tanah, terendah dari semua model BMW.

Febri Ardani/KompasOtomotif
Kabin BMW i8.
Kombinasi kemampuan dari dua mesin, 362 tk dan torsi 570 Nm, membuat mobil sport 2+2 ini bisa melesat 0 – 100 kpj dalam 4,4 detik. Dalam mode murni listrik, kemampuan jelajahnya 37 km dengan kecepatan puncak 120 kpj.

Febri Ardani/KompasOtomotif
Jok BMW i8.
Total berat i8 cuma 1.485 kg, angka itu bisa dicapai karena rancangannya punya satu tujuan, efisiensi. Kerangka dibuat dari bahan carbon fibre reinforced plastic (CFRP), lapisan terluar terdiri dari material anti-korosi thermoplastic polymers yang beratnya cuma setengah baja lembaran.
Produksi i8 dikerjakan dengan teknik manufaktur kelas tinggi. Produksinya dilakukan di pabrik BMW di Leipzig, Jerman, yang operasionalnya memanfaatkan empat turbin angin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s