Motor Bisa Bicara? Bukan Cerita Fiksi

Kawasaki mengumumkan sedang bekerja untuk mewujudkan ”sepeda motor pintar”. Menggunakan sistem artificial intelligence (AI), tunggangan bakal bisa berinteraksi dengan pengendara, bahkan berkomunikasi serta beradaptasi.

Dijelaskan bahwa kemampuan itu akan menggunakan komputasi berbasis cloud dan peranti elektronik tertentu. Dengan begitu, sepeda motor bisa disetel secara otomatis (beradaptasi) sesuai kebutuhan dan skill berkendara si rider.

Tak hanya bisa berbicara, Kawasaki juga menyatakan bahwa sistem AI itu juga akan menggunakan teknologi yang disebut ”Emotion Engine”, yang mampu menerjemahkan emosi pengendara dan bisa juga menciptakan karakternya sendiri. Kini kita jadi ingat ”Kit” dalam serial Knight Rider.

Memang, hal ini tampak seperti fiksi ilmiah, tapi sebenarnya, Emotion Engine sudah digunakan di dunia nyata. Teknologi ini dikembangkan Cocoro SB, anak perusahaan Softbank, perusahaan telekomunikasi terbesar di Jepang.

Softbank dan perusahaan Perancis, Aldebaran Robotics, menciptakan produk yang disebut Pepper. Dia adalah robot yang bisa membaca emosi, dan sudah dijual di Jepang serta Eropa. Menyusul, akan datang ke Amerika Serikat.

Informasi detail dari teknologi ini masih disimpan rapat. Kawasaki juga belum menyebutkan waktu peluncuran dan sejauh mana pengembangan teknologi ini.

Tapi, sebenarnya, Kawasaki bukan yang pertama bersentuhan dengan AI. Bulan lalu, Honda juga berencana menggunakan Emotion Engine dari Softbank untuk kendaraan. Yamaha juga malah lebih ekstrem, menciptakan Motobot, robot yang bisa mengendarai sepeda motor.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s