Efektivitas “Recall” Bukan Sekadar “Lip Service”

Toyota Astra Motor mengaku baru berhasil memanggil tak sampai 5 persen dari 40.000 unit lebih konsumen yang mobilnya terindikasi bermasalah. Belum efektifkah kampanye perbaikan massal (recall) di Indonesia?

Baca: Cuma Secuil Konsumen Toyota Indonesia Ikut “Recall”

Bicara recall, Amerika Serikat (AS) punya pengalaman banyak. Supaya kampanye ini efektif mencapai konsumen yang membutuhkan, lembaga keselamatan berkendara Amerika, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), meminta produsen kendaraan memaksimalkan penggunaan media elektronik untuk mengampanyekan recall.

Anjuran ini sedang diusulkan untuk masuk ke dalam regulasi.

Meski begitu, pengiriman surat resmi melalui pos masih tetap harus dilakukan atau bisa dikatakan wajib. Rencana NHTSA ini dimaksudkan untuk terus mengingatkan pemilik kendaran agar membawa mobilnya ke bengkel untuk diperbaiki.

Pihak NHTSA menyampaikan, media elektronik yang dimaksud mencakup kampanye melalui media sosial, saluran telepon, radio, dan televisi, selain dari e-mail dan pesan teks ke ponsel genggam konsumen.

Baca juga: Cuma Segelintir Mobil yang Diperbaiki Pasca-“recall”

Sudah diakui, kalau para produsen kendaraan juga sudah mulai menggunakan internet dan iklan di media sosial, panggilan telepon, serta alat-alat elektronik lainnya demi meningkatkan kesadaran tentang kampanye recall. Namun, hal tersebut masih dianggap kurang maksimal.

Alat modern

Pihak NHTSA juga mengusulkan kepada para produsen mobil untuk menambahkan alat-alat modern di dalam mobil, yang memungkinkan produsen dan konsumen berkomunikasi.

Jadi, ke mana pun mobil itu berada, produsen tidak kesulitan untuk bisa memberi informasi ketika mobil terkena recall dan harus segera dibawa ke bengkel resmi.

“Recall sangat penting demi keselamatan, terlalu banyak orang mengatakan mereka tidak menyadari akan kampanye recall terbuka untuk mobilnya. Salah satu usulan lain ialah mendorong produsen menambah alat-alat modern sebagai salah satu cara mereka berkomunikasi dengan pemilik mobil. NHTSA berkomitmen untuk menggunakan semua alat yang ada, dalam berjuang untuk penyelesaian recall mencapai 100 peren,” ucap juru bicara NHTSA seperti dilansir Autonews, Jumat (2/9/2016).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s