Menyaksikan dari Dekat Uji Tabrak di Fasilitas Toyota

Salah satu proses yang wajib dilakukan sebelum produsen menjual mobil adalah uji tabrak. Begitu pula dengan Toyota yang memiliki fasilitas khusus untuk tes tabrak di Higashi Fuji, Shizuoka, Jepang.

Awak redaksi dapat kesempatan khusus untuk menyaksikan dari dekat proses uji tabrak di fasilitas tersebut dalam rangkaian Toyota Technology Media Trip 2016, Selasa (29/8/2016). Model yang tengah dites adalah Prius terbaru. Pengujian yang dilakukan adalah tumbukan frontal depan sudut samping (oblique frontal crash test).

Prius menjadi objek yang akan ditabrak trolly berbahan alluminium honey comb berbobot 2,5 ton. Prius diparkir di tengah area yang disinari lampu dari 4 sisi. Lantai tempat parkir terbuat dari kaca tebal.

Kamera dipasang di berbagai sudut untuk mengabadikan proses tersebut. Bahkan ada kamera yang dipasang dari bawah kaca lantai tempat Prius di parkir untuk mengetahui impak yang terjadi di bagian bawah.

90 kpj

Sirine dan akan menyala untuk memberikan informasi bahwa akan ada pengujian. Operator akan menghitung mundur waktu start. Selang beberapa detik setelah start, tiba-tiba muncul trolly yang melaju 90 kpj dari arah depan Prius.

Toyota
Tes tabrak sudut depan Toyota Prius
Bagian depan trolly berbahan alluminium honey comb langsung menabrak sisi depan sebelah kiri Prius. Usai tumbukan keras, mobil hibrida itu pun langsung terempas berputar 2 kali menjauhi lokasi awal. Begitu pula dengan trolly.

Ringsek

Benturan keras tersebut membuat sisi depan kiri Prius ringsek cukup parah. Apron kiri merangsek ke arah dinding antara mesin dan kabin (firewall).

Aki dan power control unit (PCU) berubah posisi agak menempel ke firewall. Fender kiri posisi sudah menempel ke ban. Sistem suspensi dan kaki-kaki sebelah kiri rusak parah. Begitu juga kaca depan yang retak namun tidak hancur.

Ada pergeseran beberapa panel body terutama bagian depan. Anehnya jarak panel pintu dengan pilar B hanya bergeser sedikit dan pintu masih bisa dibuka.

Kabin

Boneka demo atau manekin yang berada di kabin tidak terlihat dari sisi kanan kiri karena tertutup kantung udara samping. Selain kantung udara samping, bagian depan juga meledak dengan sempurna.

Manekin yang berada di dalamnya masih utuh dan berbentuk sempurna (tidak ada yang patah atau terlepas dari posisi awal). Tidak ada body bagian dalam yang robek terutama firewall. Hanya pedal gas dan rem saja bengkok ke samping. Posisi baterai dan perangkat sistem hibrida di kabin masih aman.

Kesimpulan

Secara visual, Prius hybrid yang diproduksi tergolong aman dari benturan samping depan. Perangkat keselamatan baik yang bersifat pencegahan terhadap cedera bekerja dengan optimal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s